Apa Arti "Swa Bhuwana Paksa" ?

Ide tulisan ini muncul saat ada seorang sahabat alumni meminta bantuan untuk mendisain sebuah stikers. Saya buat beberapa opsi pilihan background & model huruf, karena kebetulan sedang buntu ide..heheh. Setelah saya sodorkan ia meminta beberapa revisi termasuk menambahkan logo/lambang lambang "Swa Bhuwana Paksa".

Zaman Now sudah canggih sobat. Langsung saya cari Logo & lambang tersebut lalu saya tempatkan di atas stiker yang saya disain sesuai permintaan si om yang meminta disain..wkwkwk.

Tapi saat sedang nge-revisi disain stiker ini. Muncul keingin tahuan saya, apa sih arti Lambang TNI-AU ini..? Mau tanya ke si om yang pesan disain..takut di suruh pushup atau lari keliling lapangan... hahaha. Pikir saya mending saya cari tahu sendiri dah. Entar kalo mentok baru tanya ke om Sugi...wkwkw.

Setelah melakukan pencarian di simbah Google ternyata arti & makna "Swa Bhuwana Paksa" adalah "Sayap Tanah Airku" atau bisa juga di artikan dengan "Pelindung / Pembela Tanah Airku".

Swa Bhuwana Paksa ini adalah lambang TNI Angkatan Udara juga sekaligus merupakan doktrin atau ajaran TNI AU . Nilai-nilai juang TNI Angkatan Udara yang terdapat dalam bentuk lambang seperti gambar diatas. Lambang & makna Swa Bhuwana Paksa di manifestasikan memiliki kandungan arti sebagai sayap tanah air Indonesia. Pembela tanah air Indonesia.

Lambang tersebut sekaligus menyatakan, bahwa TNI Angkatan Udara merupakan payung yang melindungi seluruh wilayah kedaulatan Indonesia dan mengangkat harkat martabat bangsa serta bertekad membangunnya untuk menjadi Indonesia yang jaya di udara & disegani oleh bangsa-bangsa lain.

Okeh sobat... mari kita pelajari & cari tahu apa makna Lambang dari Swa Bhuwana Paksa yang terdiri 6 bagian gambar utama ini. Berikut adalah menurut sumber yang saya dapat dari wikipedia : 
  1. Burung Garuda, yang memiliki sifat gagah dan berani melambangkan TNI AU sebagai pengawal kedaulatan negara. Sayap yang sedang dikembangkan, memiliki makna bahwa TNI AU selalu siap terbang (beroperasi) kapan pun diperlukan. Jumlah bulu sayap adalah 17 helai dengan susunan 8, 5, dan 4 yang diartikan sebagai semangat Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945. Kepala burung yang menengok/memandang arah matahari terbit (arah timur sesuai arah peta Indonesia dalam perisai), diartikan bahwa TNI AU selalu siap menyongsong kehidupan baru yang dinamis, yang sarat dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 
  2. Perisai, yang didalamnya tergambar peta Indonesia, melambangkan bahwa TNI AU siap menjadi perisai Negara Kesatuan RI dari setiap ancaman. 
  3. Lima Anak Panah, dicengkeram kaki burung Garuda, melambangkan bahwa TNI AU memegang teguh dasar negara Pancasila. Senjata Panah melambangkan bahwa TNI AU selalu siap siaga melaksanakan tugas. 
  4. Lidah Api, yang digambarkan empat di kiri dan lima di kanan perisai melambangkan semangat 45 yang selalu menyala di dada setiap Prajurit TNI AU. 
  5. Manggar, dua rangkaian manggar (bunga), kelapa, masing-masing 17 untaian melambangkan kemakmuran rakyat Indonesia yang merdeka sejak tanggal 17 Agustus 1945. 
  6. Tulisan Swa Bhuwana Paksa, diartikan bahwa TNI AU adalah sayap tanah air, pembela dan pelindung Negara Kesatuan RI. 
Nah itulah arti & makna dari Lambang Swa Bhuwana Paksa. Secara keseluruhan lambang ini  memiliki makna yang sangat mendalam sebagai alat pembangkit, penyemangat setiap prajurit TNI AU untuk melakukan tugas terbaiknya disertai keikhlasan pengorbanan dalam membela, serta melindungi bangsa dan negara. 

Semoga TNI AU semakin berjaya di udara. Mampu menjalankan tugasnya sebagai payung, pelindung & pembela NKRI.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.


Apa Arti "Swa Bhuwana Paksa" ? Apa Arti "Swa Bhuwana Paksa" ? Reviewed by NCEP Studio on Februari 05, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silahkan masukan kritik/ saran/ komentar anda

Diberdayakan oleh Blogger.