Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Menyala Setelah Ganti Tabung Elpiji

Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Mau Hidup Ketika Dinyalakan Setelah Ganti Tabung Elpiji

Ketika kita mengganti tabung elpiji yang sudah habis dengan yang masih berisi, tentu harapan kita adalah kompor gas kembali bisa digunakan seperti biasa. Namun, kadang kala kita sudah mengganti dengan tabung gas yang masih berisi tetapi ketika menghidupkan kompor tidak muncul api. Peluang yang lain adalah terdengar bunyi desisan gas bocor setelah dipasang gas baru, untuk hal ini tidak akan dibahas di artikel ini. Kita akan membahas kenapa kompor gas tidak mau nyala setelah diganti gas dan solusinya.

Penyebab Gas Tidak Mengalir

Sederhananya, kompor elpiji tidak menyala ketika dihidupkan pasti karena gasnya tidak bertemu dengan percikan api pemantik. Banyak penyebab kompor LPG tidak nyala padahal secara fisik tampak baik. Meskipun tabungnya penuh dengan LPG, kalau tidak mengalir ke arah pemantik ya tentu tak akan menimbulkan api ketika dinyalakan. Penyebab utamanya adalah regulator gasnya. Saat ini demi alasan keamanan banyak regulator gas dari berbagai merk menerapkan sistem safety valve. Sistem safety valve atau katup pengaman ini bertujuan untuk mematikan aliran gas ketika terdeteksi adanya kebocoran, supaya tidak terjadi ledakan atau kebakaran.

Nah, ketika kondisi memang ada kebocoran, baik dari selang maupun dari regulatornya, maka kompor yang tidak dapat dihidupkan setelah diganti tabung gas adalah anugerah. Artinya, kita telah terhindar dari risiko kecelakaan (ledakan atau kebakaran) yang dapat membahayakan jiwa kita. Ledakan tabung gas adalah salah satu penyebab kecelakaan di lingkup rumah tangga dan kecelakaan kerja yang melibatkan kompor gas.

Seringkali tidak ada kebocoran, namun gas tetap tidak mau mengalir ke selang kompor. Inilah yang saya alami siang ini. Ketika sedang menyiapkan makanan untuk anak-anak gas elpiji habis. Maka istri meminta saya mengganti tabung elpiji yang sudah kosong dengan cadangan tabung elpiji yang masih berisi. Setelah membuka segel dua lapis, saya memasang regulator ke lubang gas di tabung, tanpa mengotak-atik karet seal pengaman karena tampak baik-baik saja. Lalu saya kunci regulatornya. Dan saya menyalakan kompornya, tapi tidak menghasilkan nyala api yang saya harapkan.

Setelah beberapa kali cabut pasang regulator gas elpiji tanpa hasil, saya memutuskan untuk mencari informasinya melalui mesin pencari Google. Ternyata masalahnya paling sering adalah di regulatornya. Ketika kondisi tidak ada kebocoran tapi gas tetap tidak bisa mengalir ternyata karena katup pengaman dalam kondisi mengunci. Jadi regulatornya sedang dalam kondisi tidak berfungsi dengan baik, namun bisa diatasi dengan mudah.

Cara Mengatasi Kompor Tidak Menyala Setelah Ganti Tabung Gas (3 kg, 5,5 kg, 12 kg, atau ukuran lain)

Setelah kita tahu bahwa masalahnya adalah regulatornya, maka langkah pertama tentu lepaskan regulator dari tabung gas.
Jangan percaya jika ada yang bilang gasnya ‘tidur’ sehingga harus dibangunkan dengan cara mengetukkan tabung gas berulang kali ke lantai. BERBAHAYA. Tabung bisa meledak, anda bisa mati dengan kondisi tubuh hancur berkeping-keping. Tidak perlu juga menggoyang-goyangkan tabung gas dengan kondisi regulator terpasang, karena inti masalahnya hanya di regulatornya.
Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Mau Hidup Ketika Dinyalakan Setelah Ganti Tabung Elpiji
Setelah tabung diamankan, sekarang kita perbaiki regulatornya. Kami menggunakan regulator merk Quantum yang katanya termasuk dalam 10 Merk Regulator Gas Terbaik dan Teraman 2016 (merk lainnya: Winn Gas, Miyako, Destec, Star Cam, Kopana Pertamina, FAD, Kenmaster, NIS, dan Winn Tekva).

Masalah utama gas tidak bisa mengalir ke selang adalah gotri pengaman yang ‘nyangkut’ di dalam regulator, sehingga menghalangi aliran gas dari tabung ke selang kompor. Peganglah ujung selang yang menyambung ke regulator dengan mantap. Pukulkan pangkal telapak tangan ke bagian atas regulator sebanyak 3-4 kali dengan hantaman yang mantap. Setelah itu, goncangkan regulator ke atas dan ke bawah beberapa kali. Dengarkan apakah ada bunyi gotri seperti ketika kita menggoncangkan cat semprot kalengan. Jika sudah terdengar, pasanglah regulator seperti biasa dan api pun akan hidup ketika anda menyalakan kompor.
Jadi bila diringkas jadinya urutannya seperti ini:
  1. Lepas regulator dari tabung gas elpiji
  2. Pegang regulator dengan mantap
  3. Pukul kuat bagian atas regulator
  4. Goncangkan ke atas dan ke bawah
  5. Pastikan bunyi gotri sudah jelas terdengar
  6. Pasang regulator ke tabung gas
  7. Nyalakan kompor.
Saat menyalakan kompor jangan tergesa-gesa, nyalakan dengan pelan agar tidak timbul kejutan yang dapat memacetkan kembali aliran gas melalui regulator. Kondisi kompor tidak mau menyala juga dapat timbul ketika tabung gas masih belum habis isinya. Pastikan dulu tidak ada kebocoran, baru lakukan langkah-langkah di atas agar kompor bisa kembali menyala dan dapur pun kembali mengebul.

Sumber : https://yosephvera-wordpress-com.cdn.ampproject.org/c/s/yosephvera.wordpress.com/2017/10/25/cara-mengatasi-kompor-gas-tidak-mau-hidup-ketika-dinyalakan-setelah-ganti-tabung-elpiji/amp/
Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Menyala Setelah Ganti Tabung Elpiji Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Menyala Setelah Ganti Tabung Elpiji Reviewed by NCEP Studio on April 16, 2018 Rating: 5

7 komentar:

  1. Demi apa ini beneran aku coba berapa kali g bisa trus bemua artikel ini ku pukul sampe bunyi klotak dari kepala regulator nya trus ku kocok sampe bunyi pilok trus trus g udah dehh

    BalasHapus
  2. Ia saya juga sudah ikuti saran di atas kok gak bisa juga

    BalasHapus
  3. Tetap gk bisa udh capek di goyangkan atas bawah gk bisa jugak

    BalasHapus
  4. saya bisa gan, terimakasiii :)

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah sudah membantu masalah yamg saya hadapi barusan
    Semoga ALLAH semua kebaikan
    Aamiin yaa ALLAH
    Indahnya berbagi

    BalasHapus
  6. Semoga ALLAH membalas semua kebaikan

    BalasHapus
  7. Makasi infonya dan Uda dicoba berhasil, God Bless......

    BalasHapus

Silahkan masukan kritik/ saran/ komentar anda

Diberdayakan oleh Blogger.